Myspace Marquee Text

Minggu, 23 Januari 2011

Mahasiswa Brazil Menari Samba di SDN 10 Sungailiat

Mahasiswa Brazil Menari Samba di SDN 10 Sungailiat

SUNGAILIAT, BANGKA POS.com — SDN 10 Sungailiat yang berstatus Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI), Selasa (11/2) kedatangan tamu mahasiswa asal Brazil yakni Janaina Mortari Schiavini melalui program host family.
Kedatangan Janaina ini untuk mengajar para siswa di sekolah ini Bahasa Inggris selama dua bulan.
Diakui Kepala Sekolah SDN 10 Sungailiat Rukanah Bahnan, SDN 10 sebagai RSBI perlu mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak baik di tingkat nasional maupun internasional.
“Kegiatan menjadi host family mahasiswa luar negeri ini bisa menjadi link untuk sister school (sekolah kembar–red) di negara mereka,” harap Rukanah didampingi Asisten I Setda Bangka Ariyanto dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Yunan Helmi.
Menurut Ketua Komite SDN 10 Sungailiat Antartika Budimansyah, untuk mendapatkan program host family ini perlu perjuangan yang diawalinya dicanangkannya SDN ini oleh pemerintah pusat sebagai RSBI tiga tahun lalu sehingga bisa menjadi Sekolah Berstandar Internasional (SBI).
“SDN 10 Sungailiat sekarang sudah bergabung dengan himpunan sekolah-sekolah berstandar internasional sehingga berhak mendapatkan program yang sudah dicanangkan ini. Program host family ini satu-satunya di Bangka Belitung. Ini menjadi kebanggaan dinas pendidikan, Kabupaten Bangka dan provinsi,” ungkap Budi bangga.
Untuk itu, ia berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah melalui dinas pendidikan sehingga program ini bisa terus berlanjut.  Apalagi lanjutnya kedatangan Janaina ke SDN 10 Sungailiat bisa mengenalkan pariwisata dan kebudayaan di Bangka Belitung ke negara asalnya di Brazil.
Sementara itu, Janaina, dalam sambutannya menyatakan senang bisa berada di Indonesia. Selain Bahasa Inggris dan Brazil ia mengaku bisa berbahasa Portugis dan Italia.
“Saya berharap bisa menikmati keberadaan saya disini dan bisa mengajar para siswa disekolah ini berbahasa Inggris,” ungkap Janaina.
Kedatangan Janaina disambut para siswa SDN 10 Sungailiat dengan rebana dan tarian campak dari Sanggar Cempaka SDN 10 Sungailiat. Selain itu juga Janaina menikmati hidangan ala nganggung yang menjadi tradisi khas di Bangka.
Setelah melihat tarian khas Bangka campak, Janaina juga diminta mempertunjukan tarian Brazil yakni Samba dengan diiringi musik tarian campak oleh Sanggar Kite. (chy)

Tidak ada komentar: